PITOT-STATIC INSTRUMENT
Pitot-Static instrument ialah instrument dengan mengukur
tekanan udara yaitu : Static pressure dan Dynamic Pressure ( RAM AIR ) .
Instrument tsb ialah ASI ( Airspeed Indicator ), Altimeter, VSI ( Vertical
Speed Indicator ) . Dynamic Air ( RAM AIR ) berasal dari pitot tube yang searah
dengan aliran udara . Sementara Static pressure sumbernya berasal dari Static
port yang mengukur tekanan static disekitar pesawat .
A. ASI ( Airspeed Indicator )
Cara kerja ASI ( Airspeed Indicator ) ialah dengan mengukur
perbedaan tekanan antara Static pressure dan dynamic pressure . Ram Air/
Dynamic Pressure masuk ke diaphragm melalui pitot tube, Pitot tube terletak di
Left Wing . Static Port terletak di sisi fuselage yang dimana fungsi dari
static port ini ialah untuk mengukur tekanan static disekitar pesawat .
Sekarang kita lanjut ke praktek bagaimana kerja dari ASI ( Airspeed Indicator )
.
Ketika Pesawat melaju dengan kecepatan tinggi maka semakin
cepat dan semakin banyak Ram Air/Dynamic air yang masuk ke Diaphragm yang mana
membuat Diaphragm tersebut mengembang . Sementara apa fungsi fungsi dari static
port ? yang kita sebutkan sebelumnya fungsi dari static port ialah untuk
mengukur tekanan static disekitar . Prinsip kerja dari ASI ialah dengan
mengukur dynamic pressure dan static pressure . Sebagai Contoh Ketika pada saat
pesawat takeoff, Pilot open maximum throttle yang membuat engine bekerja
maksimum alhasil kecepatan pesawat bertambah cepat . Contoh : kita katakan Static
pressure disekitar nilainya ialah 14,7 PSI , semantara pesawat nya melaju
dengan kecepatan tinggi dan membuat dynamic pressure yg masuk semakin cepat dan
banyak. Ketika nilai dari dynamic
pressure melebih dari static pressure di ground ( 14,7 PSI ) maka akan membuat
Diaphgram mengembang dan menggerakan neddle indicator ASI ( show Speed Increase
) . Ketika Pesawat kecapatan nya pelan maka jumlah dari dynamic pressure yang
masuk ke Diaphgram juga lambat dan sedikit sementara Nilai dari static pressure
pada saat ground 14,7 dimana lebih besar dari pada nilai dynamic pressure yang
membuat diapghram menghempis.
Pitot & Static Blockage Effect with ASI
Pitot tube Block akantetapi Drainhole remain maka apa yang
terjadi terhadap ASI ( Airspeed Indicator ) ? Maka jawaban nya ialah ASI akan
menunjukan ke 0 ( Zero ) . Penjelasan nya : Kita harus balik lagi ke prinsip
kerja ASI ( Airspeed Indicator ) dimana ASI bekerja dengan mengukur perbedaan
tekanan antara Dynamic pressure dan static pressure . Dynamic Pressure tidak
akan lagi masuk melalui pitot tube ( karena blockage ) sementara dynamic
pressure yang masuk akan kebuang melalui drain hole alhasil ASI tidak akan
bekerja alias ASI show ( 0 ) .
Pitot tube & Drain Hole Blockage maka apa yang terjadi
dengan ASI ? Maka jawaban ialah ASI akan
bekerja seperti Altimeter . Penjelasan nya :
Sebagai Contoh pitot & drain hole Blockage di ketinggian 3000 FT
AMSL maka dynamic pressure ( RAM AIR ) yang masuk ke diapghram akan terjebak (
katakanlah nilai dynamic pressure nya ialah 9 ) sementara Static port berfungsi
mengukur tekanan udara static disekitar semakin bertambah Altitude maka akan
semakin berkurang tekanan static alhasil ketika climb akan terjadi pengurangan
static pressure maka ASI akan menunjukkan increase . Sebaliknya ketika Descend
maka ASI akan berkurang .
Static port Blockage maka apa yang terjadi dengan ASI ? Maka
ASI akan menunjukkan trend turun ( speed decrease ) ketika pesawat climb begitu
juga sebaliknya ASI akan menunjukkan trend naik ( speed increase ) ketika
pesawat descend .
B . ALTIMETER
Cara Kerja dari Altimeter ialah dengan mengukur
tekanan atmosfer berdasarkan ketinggian pesawat dan membandingkan terhadap
tekanan yg telah ditetapkan ( kolsman window ) . Tekanan udara menurun 1Hpa/
1000 ft . Anaroid Wafer ini telah dikalibrasi terhadap ISA ( International
Standard Atmosphere ) 29.92” inHg 1013 mb. Ketika tekanan static diluar lebih
rendah dari pada 29.92 inHg maka Anaroid Wafer tsb akan mengembang ( Increasing
Altitude ) begitu juga sebaliknya ketika tekanan static diluar lebih besar
daripada tekanan yang di anaroid wafer maka itu akan membuat anaeroid wafer
akan menghempis ( Decreasing altitude )
Static Port Blockage apa yang terjadi dengan altimeter ?
Apabila staticport mengalami block maka Altimeter akan
Freeze/Stuck diketinggian dimana static port mengalami blockage . Contoh
apabila terbang diketinggian 3000 ft dan kemudian static port mengalami
blockage, apabila pesawat melakukan descend atau climb maka altimeter tidak
akan berfungsi lagi ( Freeze/Stuck ) di ketinggian pesawat dimana static port
mengalami blockage .
Kenapa Bisa Freeze/Stuck ?
Prinsip dari kerja altimeter ialah dengan mengukur tekanan
static . Altimeter ialah suatu alat yang bekerja untuk mengukur ketinggian
suatu object terhadap suatu permukaan dengan cara mengukur perbedaan tekanan
static disekitar pesawat dengan tekanan yang berada di aneroid wafer yang telah
dikoreksi terhapad ISA ( 29.92 inHg 1013 mb ) . Sama seperti Anemometer yang
mengukur kecepatan angin , barometer yang mengukur tekanan udara dll .
Ketika Static port mengalami blockage maka fungsi static
port tidak lah lagi berjalan ( dimana mengukur tekanan static pressure disekitar
pesawat ) dan membuat altimeter tidak dapat membaca perbedaan tekanan antara
tekanan static diluar dan tekanan static di dalam aneroid wafer yang
teraplikasi kedalam Altitude ( Ketinggian ) . Static port mengalami blockage
biasanya disebabkan oleh debu ( pasir ) , serangga dan lain2 .
C . Vertical Speed Indicator
Vertical Speed Indicator ialah alat yang mengukur kecapatan
vertical pada saat descent dan climb . Didalam Case dari VSI terdapat Diapghram
yang terkoneksi ke static port untuk mengukur tekanan static di luar ( Static
Pressure ) . Sementara Ada Calibrated Leak ini ialah alat yang terkoneksi ke
case VSI yang membaca langsung tekanan diluar . Calibrated Leak ialah lubang ke
yang terkoneksi ke ruang case dari VSI sehingga membatasi aliran udara yang
masuk . Hal ini yang membuat pembacaan VSI delay beberapa second .
Bagaimana Cara Kerja Dari VSI ( Vertical Speed Indicator ) ?
Ketika static pressure yang ada di Diapghram itu lebih kecil
daripada tekanan yang berada di ruang case VSI maka tekanan yg lebih besar tsb
akan menekan Diapghram yang membuat Diapghram menghempis dan akan menunjukkan
Pesawat Climb . Calibrated Leak lmbat mengeluarkan pressure dikarenakan lubang
nya kecil maka terjad perbedaan pressure . Begitu juga sebaliknya ketika
tekanan diluar lebih kecil daripada tekanan di Diapghram maka akan membuat
Diapghram tsb mengembang dan menunjukkan pesawat descent .
Prinsip kerja dari VSI ( Vertical Speed Indicator ) ialah
dengan mengukur tekanan static yang berada di diapghram dan diruang case VSI .
tekanan static yang berada diapghram langsung terkoneksi ke static port
sementara Tekanan udara yang berada diruang VSI langsung terkoneksi dengan
tekanan udara diluar. Calibrated Leak ialah lubang kecil yang terkoneksi ke
lubang VSI. Mari kita aplikasikan ketika VSI menunjukan trend climb, Diapghram
menghempis dikarenakan tekanan udara didalam case VSI lebih besar daripada tekanan
udara yang berada di diapghram, begitu juga sebaliknya ketika VSI menunjukkan
trend descent, Diapghram mengembang dikarenakan tekanan di case VSI lebih kecil
dibandingkan didalam diapghram . Contoh Ketika pesawat maintain ketinggian 3000
ft ( dimana pressure di dalam case VSI dan didalam diapghram sama ) ketika
pilot melakukan descent maka tekanan udara yang berada diapghram langsung
bertambah ( karena semakin rendah ketinggian semakin besar tekanan udara )
sementara tekanan udara static yang berada di case VSI mencoba untuk menyamakan
dengan tekanan udara diluar juga ( seperti static port ) akan tetapi lubang
dari calibrated leak kecil yang menghambat tekanan udara masuk kedalam case VSI
tsb . Hal ini membuat terjadinya perbadaan pressure antara tekanan udara di
dalam case VSI dan di dalam diapghram. Begitu juga sebaliknya ketika pesawat
climb , dimana ketika pesawat climb maka akan terjadi terjadi pengurangan
tekanan udara didalam diapghram sementara tekanan udara didalam case VSI juga
mencoba menyesuaikan dengan tekanan udara diluar akan tetapi dikarenakan lubang
calibrated leak kecil, hal ini menghambat tekanan udara untuk segera menyesuaikan
tekanan udara dengan tekanan diluar . Olehkarena hal ini maka terjadi perbedaan
pressure antara case VSI dan juga tekanan udara didalam diapghram .
Apa yang terjadi dengan VSI ketika static port blockage ?
Ketika static port menglami blockage maka efeknya ke VSI
ialah VSI kan tidak akan berfungsi alias VSI kan tetap VSI 0 walaupun melakukan
descent atau climb . Kenapa VSI menunjukan 0 ? karena prinsip kerja dari VSI
ialah dengan mengukur tekanan yang ada di ruang case VSI dan juga di diapghram.
Ketika Staticport mengalami blockage maka VSI tidak berfungsi karena tidak ada
tekanan udara yang diukur karena static port block .
Mantap gan
BalasHapusThanks
BalasHapusFungsi alternate static source apa ya
BalasHapus