Jumat, 23 September 2016

DUTCH ROLL

Assalamualaikum Wr Wb  para pembaca yang saya banggakan...

Disini saya ingin share tentang pengalaman saya test di salah satu airline di indonesia . Saya mendapatkan pertanyaan dari salah seorang penguji, dia seorang captain di maskapai tersebut .

Bisakah anda menjelaskan apa itu Dutch Roll ?


DUTCH ROLL


Dutch Roll ialah ketidakstabilan goyangan/goncangan yang disebabkan oleh kombinasi antara Yawing dan Rolling, dutch roll terjadi di swept-wing jet . Dutch Roll Terjadi ketika pesawat yaw yang disebabkan oleh Weather phenomenon seperti Angin, Thermal dll atau bisa juga karena digerakan oleh pilot . Contoh ketika pesawat yawing ke kanan maka outter wing ( Left wing ) akan sejajar dengan airflow , hal ini membuat Left mendapatkan Gaya Lift lebih besar daripada Inner wing ( Right wing ), Lift bertambah maka drag juga bertambah . Hal ini membuat pesawat Rolling ke kiri berlawanan dari arah yaw pesawat sebelumnya .





Bagaimana Cara Recover dari Dutch Roll

Walaupun fase Dutch Roll yang pertama kali nya ialah yawing , meskipun begitu penggunaan rudder dalam correction dutch roll malah memperparah kondisi karena proses terbentuk nya dutch roll sangatlah cepat jadi tidak sempat bagi seorang pilot untuk recover dengan rudder karena sudah menjadi rolling motion . ketika rudder digunakan ketika sudah mencapai rolling motion maka akan membuat pesawat slide slip, untukrecover nya ialah dengna menggunakan aielron opposite dari roll motion untuk mencegah dutch roll biasa nya dipasang yaw damper .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar